Rabu, 07 November 2012

makalah kewirausahaan


Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti :pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah beranidan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuatsesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuatsesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). Menurut KamusBesar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atauberbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru,menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalanoperasinya serta memasarkannya.Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan PembinaanPengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa:1. Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilakudan kemampuan kewirausahaan.2. Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuanseseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarahpada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja,teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalamrangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperolehkeuntungan yang lebih besar.
 
Jadi wirausaha itu mengarah kepada orang yang melakukanusaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya.Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimilikiseorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan.Kewirausahaan dilihat dari sumber daya yang ada di dalamnyaadalah seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja,material, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkannilai yang lebih besar daripada sebelumnya dan juga dilekatkan padaorang yang membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.Kewirausahaan dalam arti proses yang dinamis adalahkewirausahaan merupakan sebuah proses mengkreasikan denganmenambahkan nilai sesuatu yang dicapai melalui usaha keras dan waktuyang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, dan resikosocial, dan akan menerima reward yang berupa keuangan dan kepuasanserta kemandirian personal.Melalui pengertian tersebut terdapat empat hal yang dimiliki olehseorang wirausahawan yakni:1. Proses berkreasi yakni mengkreasikan sesuatu yang baru denganmenambahkan nilainya. Pertambahan nilai ini tidak hanya diakui olehwirausahawan semata namun juga audiens yang akan menggunakanhasil kreasi tersebut.2. Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yangdiberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam
                                                                                               
usaha ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalamkewirausahaan.3. Memperkirakan resiko yang mungkin timbul. Dalam hal ini resiko yangmungkin terjadi berkisar pada resiko keuangan, fisik dan resiko social.4. Memperoleh reward. Dalam hal ini reward yang terpenting adalahindependensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi.Sedangkan reward berupa uang biasanya dianggap sebagai suatubentukderajat kesuksesan usahanya.

Tujuan Kewirausahaan

Bahan ajar mata diklat Kewirausahaan dapat diajarkan dan dikembangkandi Sekolah-sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Perguruan Tinggi, dan diberbagai kursus bisnis. Di dalam pelajaran Kewirausahaan, para siswadiajari dan ditanamkan sikap-sikap perilaku untuk membuka bisnis, agar mereka menjadi seorang wirausaha yang berbakat. Agar lebih jelas, dibawah ini diuraikan tujuan dari Kewirausahaan, sebagai berikut:
1. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
3. Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuankewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu,handal, dan unggul.
4. Menumbuhkembangkan kesadaran dan'orientasi Kewirausahaanyang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.

Manfaat Kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki 4 manfaat sosial, yaitu:1. Memperkuat pertumbuhan ekonomi : menyediakan pekerjaan barudalam ekonomi. Ekonomi saat ini adalah tanah yang subur bagiwirausahawan misalnya : permintaan pelayanan sektor jasa meledak2. Meningkatkan produktivitas : kemampuan untuk menghasilkan lebihbanyak barang dan jasa dengan TK dan input lain yang lebih sedikit.3. Menciptakan teknologi, produk dan jasa baru: komputer digital,mesinfotokopi, laser, power steering.4. Mengubah dan meremajakan persaingan pasar : pasar internasionalmenyediakan peluang kewirausahaan.

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Ruang lingkup kewirausahaan sangat luas sekali. Secara umum,ruang lingkup kewirausahaan adalah bergerak dalam bisnis. Jika diuraikansecara rinci ruang lingkup kewirausahaan, bergerak dalam bidang:
a. Lapangan agraris
1) Pertanian
2) Perkebunan dan kehutanan
b. Lapangan perikanan
1) Pemeliharaan ikan
2) Penetasan ikan
3) Makanan ikan
4) Pengangkutan ikan
 c.Lapangan peternakan
1) Bangsa burung atau unggas
2) Bangsa binatang menyusui
d. Lapangan perindustrian dan kerajinan
1) Industri besar 
2) Industri menengah
3) Industri kecil
4) Pengrajin 
¨      Pengolahan hasil pertanian 
¨      Pengolahan hasil perkebunan 
¨      Pengolahan hasil perikanan 
¨      Pengolahan hasil peternakan 
¨      Pengolahan hasil kehutanan
e. Lapangan pertambangan dan energy
f. Lapangan perdagangan
1) Sebagai pedagang besar 
2) Sebagai pedagang menengah
3) Sebagai pedagang kecil
g. Lapangan pemberi jasa
1) Sebagai pedagang perantara
2) Sebagai pemberi kredit atau perbankan
3) Sebagai pengusaha angkutan
4) Sebagai pengusaha hotel dan restoran
5) Sebagai pengusaha biro jasa travel pariwisata
6) Sebagai pengusaha asuransi, pergudangan, perbengkelan, koperasi,tata busana, dan lain sebagainya.

Sasaran Kewirausahaan.
a.   Intstansi pemerintah, BUMN, organisasi profesi dan kelompok masyarakat.
b.   Pelaku Ekonomi Pengusaha kecil, Koperasi.
c.   Genersi Muda : Anak anak putus sekolah, calon wirausahawan.
Keuntungan kewirausahaan.
a.   Terbuka lebar kesempatan untuk menjadi bos dalam perusahaan.
b.   Terbuka peluang untuk  memperoleh  manfaat dan keuntungan secara maksimal.
c.   Terbuka peluang untuk memperlihatkan  potensi wirausaha secara penuh.
d.   Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam usaha.
e.   Terbuka peluang untuk mencapai tujuan usaha yang dikehendaki.
Kelemahan kewirausahaan.
a.   Tanggung jawab sangat besar dan berat didalam menghadapi permas alahan bisnis.
b.   Bekerja keras dan waktunya sangat panjang.
c.   Memperoleh pendapatan yang tidak pasti dan memiliki resiko yang sangat besar.
Delapan akibat yang diterima orang tidak jujur dalam berwirausaha
a.   Tidak dipercaya oleh masyarakat konsumen.
b.   Menjadi rendah diri dan rasa malu.
c.   Mudah tersinggung dan emosi.
d.   Cepat iri dan dengki.
e.   Suka dendam.
f.    Selalu berperasangka buruk dan dusta.
g.   Tidak punya teman.
h.   Kehancuran dalam usahanya.
Ciri-ciri Wirausahawan
a.   Percaya diri adalah percaya terhadap kemampuan yang ada pada diri sendiri,atau percaya pada kemampua yang kita miliki
b.   Berorientasi tugas dan hasil segala sesuatu yang dilakukan, kita harus berfikir bahwa ada nilai tambah dari apa yang kita lakukan dan berguna untuk diri sendiri dan orang lain.
c.   Pengambil resiko, maksudnya, seorang wirausahawan harus berani emngambil resiko, dari apa yang telah dia lakukan dan dia putuskan, dia harus berani menerima resikonya, baik itu resiko berupa keuntungan maupun kerugian.
d.   Kepemimpinan, maksudnya dalam berwira usaha pemimpin merupakan pengambil keputusan.
e.   Keorisinilan,maksudnya, masih dalam kondisi apa adanya,masih asli.
f.    Berorientasi kemasa depan, maksudnya selalu brfikir untuk maju.
g.   Jujur dan tekun, jujur dalam melakukan usahanya, mengatakan yang sebenarnya,dan bersngguh-sungguh dalam melakukan usahanya.
 Watak Kewirausahaan
a.   Keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
b.   Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan,memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, enerjik, dan memiliki inisiatif.
c.               Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan.
d.    Bertingkah laku sebagai pemimpin,  dapat bergaul dengan orang lain, dan suka pada kritik yang membangun.
e.               Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibbel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
f.    Persepsi dan memiliki cara pandang atau cara fikir yang berorientasi pada masa depan.
g.     Memilki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja.
Tujuh Pemikiran Kreatif dalam Kewirausahaan
a.  Selalu bertanya, dalam rangka mendapatkan inovasi-inovasi yang baru dan untuk mendapatkan pengalaman baru seputar usaha yang sedang digeluti.
b.    Selalu menantang kebiasaan, tradisi-tradisi atau kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dalam suatu organisasi,kita senantiasa merubah untuk mendapatkan yang lebih baik sehingga menjadi tantangan kebiasaan.
c.    Mencoba untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda, melihat persoalan dari sudut pandang yang berbeda, menarasikan persoalan yang berbeda, dari itu jika disamakan akan meghasilkan jalan keluar yang lebih baik.
d.   Menyadari kemungkinan banyak jawaban ketimbang satu jawaban yang benar,apabila ada pertayaan (pertanyaan-pertanyaan) yang dihadapi,kita dituntut untuk memberikan sumbangsih selama pemikiran itu masuk akal.
e.  Melihat kegagalan dan kesalahan sebagai jalan untuk mencapai sukses, setiap peristiwa atau masalah harus berfikir positif terhadap siapapun,serta apapun masalah dan dalam kondisi apapun itu.
f.    Mengkorelasikan ide-ide atau menggabungkan ide atau gagasan yang masih samar terhadap masalah untuk menghasilkan pemecahan inovasi.
g.   Memiliki keterampilan helikopter kemudian memfokuskannya pada kebutuhan untuk berubah,memiliki kemampuan untuk bangkit, hidup lebih rutin,baik, dari kebiasaan yang biasa dijalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar